Sebab dan Cara Mengatasi Layar HP Mati/Hitam saat Menelepon

Salah satu kendala yang sering ditemui ketika menggunakan ponsel berbasis Android adalah layar menghitam atau mati saat melakukan panggilan telepon. Baik itu menggunakan telepon langsung ataupun melalui panggilan Whatsapp.

Problem ini ditemukan pada ponsel jenis Oppo, Vivo, Samsung keluaran terbaru. Lalu apa sebab layar ponsel / hp menghitam saat menelepon?

Sebab Layar Handphone Menghitam Saat Menelepon

Teknologi pada ponsel model terbaru adalah dimana layar ponsel akan off atau menghitam saat didekatkan pada telinga. Fungsi ini untuk mencegah ponsel cepat panas ketika anda menelepon. Bayangkan jika menelpon dalam keadaan layar hidup, maka pastinya itu ponsel akan lebih cepat panas.

Layar yang menghitam otomatis ketika menelepon ini terjadi karena adanya sensor pada bagian depan ponsel. Posisi sensor ini berada biasanya dekat kamera depan. Di dunia perponsel-an sensor ini dikenal dengan nama Proximity.

Adalah sebab layar ponsel mati ketika menelepon karena sensor tersebut rusak. Memang tak selamanya ini rusak, tetapi adakalanya ini tertutup.

Cara Mengatasi Layar Ponsel Hitam Saat Menelepon

Memang tidak ada masalah kualitas suara panggilan anda. Namun teknisnya, ketika ingin end-call tentu sangat susah dilakukan.

Untuk pertama silakan buka Setting / Pengaturan di ponsel android anda. Kemudian pada menu selanjutnya Aplikasi, kemudian masuk ke pengaturan panggilan. Lanjutkan ke Setelan Panggilan Masuk, dan matikan opsi Sensor Jarak.

Pada beberapa jenis ponsel menu berada pada Aplikasi Sistem.

Pada kemungkinan kerusakan fisik, ada kemungkinan rusaknya hardware pada ponsel tersebut. Atau juga kemungkinan sensor tersebut tertutup dengan temper glass. Sebenarnya untuk jenis ponsel dengan layar Gorilla Glass tidak usah lagi menggunakan pelindung layar temper glass.

Tetapi sebelum membongkar temper glass, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sensor proximity pada ponsel tersebut. Bisa anda lihat pada gambar di atas posisi sensor tersebut ada di dekat kamera depan.


EmoticonEmoticon