Sebab dan Cara Mengatasi Not Yet Graded pada Moodle Quiz

Sudah sangat populer tentunya menggunakan LMS Moodle dalam pembelajaran yang diintegrasikan dengan teknologi. Beberapa universitas ternama telah menggunakan platform LMS dengan basis Moodle ini.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa Moodle menjadi sebuah pilihan yang patut dipertimbangkan adalah karena Moodle ini sifatnya Open Source. Mengenai apa itu aplikasi Open Source sedikit disinggung.

Open Source jika diartikan secara bahasa artinya sumber terbuka. Lebih lanjut dijelaskan sebuah program atau aplikasi yang open source artinya adalah aplikasi dengan pengembangannya tidak dilakukan oleh suatu individu atau kelompok tertentu saja.

Pengembangan aplikasi atau program ini dilakukan secara bersama sama dan terbuka untuk siapa saja. Jadi jika ada seorang pengguna yang kebetulan bisa ilmu development program bisa saja berkontribusi pada aplikasi tersebut. Sederhananya aplikasi atau program yang ada terbangun dengan ara gotong royong.

Kembali ke Moodle, bila anda pengguna Moodle, konteksnya di sini yang memiliki role sebagai teacher atau yang membuat sebuah Quiz. Ada beberapa kendala yang mungkin anda temukan. Salah satunya yang saya uraikan pada halaman ini adalah ketika Quiz selesai dikerjakan, nilai hasil akhir tidak langsung tampil.

Errornya yang berbunyi Not Yet Graded. Apa penyebab hal tersebut?

Berjodoh dengan kode kesalahan tersebut anda tak perlu panik dan meminta siswa anda kembali mengerjakan Quiz. Kesalahan itu muncul disebabkan kekeliruan anda dalam settingan skor soal pada Moodle.

Silakan kembali pada pengaturan Edit Quiz. Pada sistem skor pertama pastikan Maximun Grade tidak kurang dari keseluruhan skor masing masing soal.

Kesalahan ke-dua adalah pada Quiz tersebut terdapat minimal 2 macam jenis soal. Sebut sja soal pilihan ganda dan soal Essay.

Baiknya untuk soal uraian atau essay pada sistem skoring Moodle ada beri nilai 0 saja. Karena komputer tersebut menyadari kekurangannya dimana tak bisa menilai jawaban uraian. Sekarang silakan 0 kan semua soal essay.

Adapun soal yang bisa dinilai secara komputisasi yang baik isian pendek / short answer, Mulitple Choice, Multiple Response, Trues/False. Karena jawaban dari tipe tipe soal tersebut “pasti”


EmoticonEmoticon