Penyebab dan Cara Mengatasi Mouse/Kursor bergerak Sendiri

Salah satu masalah yang sering ditemukan pada laptop atau komputer adalah mouse atau kursor pada layar bergerak sendiri, atau bergerak tidak beraturan. Ini bisa saja terjadi meskipun anda menggunakan touch pad pada laptop. Apakah ini gara gara hantu? Hmmm Apa hantu jaman now sudah bisa pakai laptop atau komputer? 

Anda harus mengenali dulu kriteria atau ciri ciri mouse atau touch-pad yang bermasalah di bawah ini sebelum tau sebab dan menanganinya.
  1. Di menit awal ketika laptop atau komputer baru dinyalakan, semua normal. Lalu tiba tiba kursor bergerak random atas ke bawah.
  2. Gerakan kursor acak atas bawah kiri kanan, sehingga susah dikendalikan.
  3. Ketika kursor diarahkan pada sebuah icon short-cut, tetiba saja langsung terbukan program aplikasi tanpa anda klik.
  4. Klik kiri jadi klik kanan dan klik kanan jadi klik kiri.

Cara Mengatasi Mouse terlalu Sensitif

Untuk permasalahan 1 dan 2, anda bisa buka Start- Control Panel (Windows XP/Vista/7).

Pada Control Panel silakan dipilih Mouse Options. Kemudia pada menu tab Buttons, silakan kurangi Double Click Speed.

Bagi pengguna Windows 10, bisa ketika Mouse Setting pada kolom pencarian di bar bawah dekat gambar bendera Windows.

Jika masalah ini tetap berlanjut ada baiknya coba cek driver mouser dan Keyboard driver. Ada kemungkinan ini driver bukan bawaan atau yang direkomendasikan oleh produsen. Untuk melakukan ini anda bisa download driver hotkeys dan touch driver sesuai merk laptop anda.

Pengaruh Charger yang digunakan

Ada kemungkinan masalah ini timbul karena charger untuk laptop anda bermasalah sehingga muncul ‘bocor’ arus ke layar. Listrik yang mengalir pada layar ini yang kadan juga bisa menjadi penyebab kursor bergerak sendiri.

Sebaiknya memang gunakan charger ori dari suatu produk laptop. Untuk mencegah hal hal yang menganggu kedepannya pada laptop anda.

Atau coba perhatikan di sekitar anda apakah ada kabel yang melintasi layar atau bagian perangkat gadget tersebut. Jika ada, jauhkan kabel tersebut dari perangkat anda.

Menggunakan Mouse di Permukaan Licin

Coba ganti alas mouse anda apakah kursor tetap bergerak sendiri atau tidak. Jika berhasil, ini artinya permukaan alas mouse menjadi masalaha.

Sangat disarankan menghindari alas untuk mouse dari bahan licin, seperti keramin, kaca dll. Gunakan permukaan yang tidak terlalu licin.

Masalah pada Mouse

Jika menggunakan laptop bandingkan apakah ketika menggunaka mouse dan menggunakan touchpad ada perbedaan. Jika hanya bermasalah saat menggunakan mouse ini indikasi bahwasanya mouse anda perlu diperbaiki atau diganti baru.

Jika masalah tetap saja sama, memang ini bagian setting/driver yang menjadi sebab kursor bergerak sendiri ini. Perlu diperhatikan pada mouse dunia perkabelannya. Sementara itu jika anda menggunakan mouse yang tidak pakai kabel atau yang pakai bluetooth, bisa jadi juga baterai pada mouse sudah menuju kehabisan.

Non-Aktifkan Touchpad ketika menggunakan Mouse

Sangat disarankan mematikan touchpad saat menggunakan laptop. Bisa saja touchpad tersentuh ketika anda menggunakan mouse sehingga menyebabkan kinerja mouse terganggu.

Beberapa cara untuk mematikan touch-pad sementara pada beberapa laptop
  1. Mac, tekan tombol Fn + F2
  2.  Acer, tekan tombol Fn + F7
  3. Toshiba, tekan tombol Fn + F9
  4. Asus, tekan tombol Fn + F3 atau F7
  5. Dell, tekan tombol Fn + F7
  6. Lenovo, tekan tombol Fn + F6
Untuk kembali menghidupkan atau menggunakan touch-pad laptop ini bisa gunakan kombinasi tombol yang sama.


EmoticonEmoticon