Ilustrasi (Canva.com) |
Soal Penilaian Harian IPA Kelas 9 Semester Ganjil Materi Pewaris Sifat - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran IPA Kelas 9 Semester Ganjil Materi Pewaris Sifat yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Harian khususnya pelajaran IPA Kelas 9 Semester ganjil dengan Materi Pewaris Sifat yang dikutip dari Modul PJJ IPA Kelas 9 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Berikut soal penilaian harian IPA Kelas 9 Semester Ganjil Materi Pewaris Sifat :
1. Perhatikan ciri-ciri kromosom berikut!
1) Jumlahnya sama untuk semua mahluk hidup
2) Berperan dalam menentukan jenis kelamin
3) Jumlahnya sama untuk semua sel dalam satu individu
4) Dilambangkan dengan huruf A
Ciri-ciri dari autosom ditunjukkan oleh nomor….
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)
2. Hasil persilangan antara dua individu yang mempunyai sifat beda disebut….
A. filial
B. alela
C. gamet
D. parental
3. Penulisan genotipe homozigot yang benar adalah….
A. AABb
B. AaBb
C. AAbb
D. aaBb
4. Persilangan antara organisme bergenotipe Bbtt dengan organisme bergenotipe bbTT menghasilkan keturunan dengan genotipe….
A. BbTt
B. BBTT
C. BBbbTT
D. ttBbTt
5. Ananda menyilangkan tanaman Mirabilis jalapa berdaun lebar bunga merah (LLMM) dengan tanaman berdaun sempit bunga putih (llmm). Diketahui L intermediat terhadap l dan M intermediat terhadap m. Jika keturunan F1 disilangkan dengan induknya yang homozigot resesif, keturunan F2 yang dihasilkan adalah….
A. 25% daun lebar, bunga putih
B. 25% daun sempit, bunga merah muda
C. 50% daun sedang, bunga merah muda
D. 50% daun sempit, bunga merah
6. Perhatikan persilangan berikut:
P : Tanaman berbunga merah x tanaman berbunga putih
(MM) (mm)
F1 : Tanaman berbunga merah
(Mm)
Berdasarkan hasil persilangan terssebut, warna putih merupakan sifat….
A. resesif
B. dominan
C. intermediat
D. variasi
7. Tanaman mangga berbuah manis disilangkan dengan tanaman mangga berbuah masam. Sifat manis dominan terhadap sifat masam. Keturunan pertama dari persilangan tersebut menghasilkan 100% mangga berbuah manis. Apabila keturunan pertama disilangkan dengan tanaman mangga berbuah masam, dihasilkan tanaman manga berbuah manis sebanyak….
A. 100%
B. 75%
C. 50%
D. 25%
8. Seorang wanita berdagu belah berambut tebal (DdWW) menikah dengan pria berdagu belah dan berambut tipis (DDww). Jika sifat dagu belah dan rambut tebal merupakan sifat dominan, tentukan persentase fenotipe keturunannya….
A. 100% berdagu belah, berambut tebal
B. 75% berdagu belah, berambut tebal : 25% berdagu belah, berambut tipis
C. 50% berdagu belah, berambut tebal : 50% berdagu belah, berambut tipis
D. 25% tidak berdagu belah, berambut tipis : 75% berdagu belah, berambut tipis
9. Sifat keriting ditentukan oleh gen C dan bersifat dominan terhadap rambut lurus yang ditentukan oleh gen c. Persentase munculnya individu keriting bila terjadi perkawinan antara Cc dengan cc adalah….
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
10. Persilangan antara kelinci berambut hitam dengan kelinci berambut putih bersifat intermediet. Pada F2 akan diperoleh . . . .
A. 25% hitam, 50% abu-abu, 25% putih
B. 75% hitam, 25% putih
C. 75% abu-abu, 25% putih
D. 50% hitam, 50% putih
11. Dalam persilangan dihibrid dominan resesif, jika F1 disilangkan sesamanya, maka akan diperoleh fenotipe F2 dengan perbandingan . . . .
A. 3 : 6 : 3 : 1
B. 9 : 3 : 3 : 1
C. 9 : 6 : 1
D. 9 : 6 : 3 : 1
12. Disilangkan marmot jantan rambut pendek warna hitam dengan marmot betina rambut panjang cokelat, diperoleh keturunan pertama rambut pendek warna hitam.
Jika F1 disilangkan sesamanya maka banyaknya marmot berambut pendek warna hitam adalah . . . .
A. 1/16
B. 3/16
C. 6/16
D. 9/16
13. P: merah-bulat X putih-lonjong
MMBB mmbb
G : MB mb
F-1 : MmBb(merah-bulat)
F-2 : F-1 X F-1
MmBb MmBb
Gamet : MB, Mb, mB, mb
F-2
Dari bagan diatas, individu yang memiliki fenotipe merah-bulat adalah...
A. 2, 4, 7, dan 9
B. 3, 6, 10, dan 12
C. 4, 7, 11, dan 15
D. 5, 6, 10, dan 13
14. Pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara….
A. perkawinan silang
B. penanganan hama
C. melakukan pergiliran tanam
D. manipulasi lingkungan hidup
15. Upaya untuk menghasilkan pemuliaan tumbuhan maupun hewan tidak selamanya membawa keuntungan bagi manusia. Munculnya berbagai bibit unggul hasil pemuliaan itu teryata juga dapat merugikan keanekaragaman mahluk hidup. Hal ini karena….
A. dapat meningkatkan harga benih
B. varietas baru sulit pembudidayaannya
C. dapat mematikan usaha petani tradisional
D. menggeser keberadaan plasma nutfah
Dapatkan penghasilan Online dari berbagi dan menulis artikel tentang apa saja. Bisa artikel tentang kesehatan, pendidikan, politik, ekonomi, budaya dll. Caranya mudah kok, silakan klik tautan berikut ini: DAFTAR... Lalu Register di Kanan Atas ya..
EmoticonEmoticon