Memahami Gaya Belajar Siswa untuk Efektivitas Pembelajaran

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Memahami Gaya Belajar Siswa untuk Efektivitas Pembelajaran. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Gaya Belajar Siswa – Pada tiap individu, belajar memiliki karakteristik masing-masing. Sehingga secara langsung, guru tidak bisa memaksakan kehendak bahwa siswa harus belajar sesuai dengan kemauan guru. Apalagi tanpa tahu bagaimana proses pembelajaran siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini kemudian disebut dengan Gaya Belajar Siswa.

Secara teori, terdapat beberapa definisi menurut para ahli, diantaranya :

  1. Keefe (1979), mendefinisikan gaya belajar sebagai “gabungan dari karakteristik kognitif, afektif, dan faktor fisiologis yang berfungsi sebagai indikator yang relatif stabil tentang bagaimana pelajar merasakan, berinteraksi dengan, dan merespon lingkungan belajar.
  2. Brown (2000), mendefinisikan gaya belajar sebagai cara seseorang mempersepsikan dan memproses informasi dalam situasi belajar. Brown berpendapat bahwa preferensi gaya belajar merupakan salah satu aspek gaya belajar, dan mengacu pada pilihan satu situasi belajar atau kondisi diatas preferensi yang lain.
  3. Celcia-Mucia (2000), mendefinisikan gaya belajar sebagai pendekatan umum (global atau analitik & auditoria tau visual) yang digunakan siswa dalam memperoleh bahasa baru atau mempelajari subjek lainnya.
    Lalu mengapa siswa atau guru perlu mengetahuinya? Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh siswa maupun guru dalam proses pembelajaran jika telah mengetahuinya di dalam suasana pembelajaran, seperti berikut ;
    • Bagi siswa, dengan mengetahui gaya belajarnya, mereka dapat menyerap seluruh informasi atau materi secara maksimal bergantung pada pembelajaran yang dilaksanakan.
    • Bagi guru, siswa dapat semakin interaktif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran karena guru mampu memfasilitasi apa yang disenangi peserta didiknya sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki.

    Terdapat berbagai Gaya Belajar Siswa yang digunakan dalam memberikan kerangka yang baik untuk merancang pembelajaran dengan perspektif yang luas. Tujuan dari penerapan ini adalah untuk memastikan bahwa kebutuhan pelajar para siswa dalam tiap kategori belajar dapat terpenuhi, setidaknya untuk sebagian waktu pembelajaran di kelas. Hal inilah yang disebut dengan “Teaching Around The Cycle” (Felder, 1996).

    Dikutip dari Dr. Rita Dunn dan Dr. Kenneth Dunn (1978) dalam tulisannya mengatakan bahwa Pembelajaran dipengaruhi oleh :

    1. Lingkungan langsung (suara, cahaya, suhu, dan desain)
    2. Emosionalitas sendiri (motivasi, ketekunan, tanggung jawab, dan fleksibilitas)
    3. Kebutuhan sosiologis (diri, pasangan, teman sebaya, tim, atau bervariasi)
    4. Kebutuhan fisik (kekuatan perseptual, asupan, waktu, dan mobilitas)

    Selain itu, ada juga beberapa fungsi khusus dari gaya belajar yaitu :

    Halaman Selanjutnya

    Fungsi Khusus Gaya Belajar Siswa



    Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon