Simak! 5 Hal Yang Mempengaruhi Besaran Gaji PNS

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Simak! 5 Hal Yang Mempengaruhi Besaran Gaji PNS kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Seperti yang telah diketahui pemerintah sebentar lagi akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 yang akan dibuka pada bulan Juni bulan mendatang, sebelum itu harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat mempengaruhi besaran gaji pokok PNS.

Seleksi CPNS 2023 menjadi ajang seleksi untuk masyarakat di seluruh Indonesia yang ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil sebagai profesinya.

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, jika profesi PNS ini masih menjadi pekerjaan yang diidam-idamkan untuk sebagian orang, karena ketika menjadi PNS ekonomi dan keungannya akan terjamin.

Azwar Anas selaku Menteri PANRB juga telah memastikan sendiri jika seleksi CPNS 2023 akan dilaksanakan dengan sangat selektif sekali, hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung misi dari presiden Jokowi.

Presiden Jokowi ingin menjadikan birokrasi pemerintahan Indonesia menjad birokrasi yang berkelas dunia, maka dari itu dibutuhkan pegawai pemerintah yang berkompeten dan berkualitas.

Selain hal itu, pemerintah juga berusaha untuk melakukan pemenuhan beberapa faktor distribusi PNS supaya dapat merata pada instansi pusat sampai dengan daerah.

Maka dari itu sebelum mengikuti seleksi CPNS tahun 2023 para peserta harus mengetahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besaran gaji pokok PNS, setidaknya terdapat 5 kriteria yaitu sebagai berikut:

  1. Masa Kerja

Besaran gaji PNS yang pertama ini ditentukan oleh faktor masa kerja, dimana nantinya akan terdapat perbedaan antara pemula dengan yang lebih senior. Hal tersebut dapat terjadi karena pengalaman senior jauh lebih tinggi selain itu lebih lama bekerja dan mengabdi, sehingga membuat gaji yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan Pegawai Negeri Sipil junior.

  1. Golongan

Terdapat empat golongan Pegawai Negeri Sipil yang setiap golongannya mempunyai nominal gaji pokok atau gapok yang berbeda-beda. Penetapan golongan PNS sendiri ini ditentukan berdasarkan tingkat pendidikan terkakhir sampai dengan jenjang karir, sehingga semakin tinggi golongan maka gaji yang akan diperoleh juga semakin tinggi dan besar.

  1. Jabatan

Selanjutnya gapok seorang Pegaawi Negeri Sipil dapat dipengaruhi oleh jabatan yang sedang diemban. PNS yang mempunyai golongan yang sama, hal ini bukan berarti gaji yang akan diperoleh juga sama.

Misalnya saja di dalam satu golongan, perbedaan gaji akan ditentukan berdasarkan jabatan dan juga posisi yang sedang ditempati atau diemban oleh PNS tersebut.

Halaman Selanjutnya

4. Tempat Dinas atau Bekerja

Artikel Simak! 5 Hal Yang Mempengaruhi Besaran Gaji PNS pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Simak! 5 Hal Yang Mempengaruhi Besaran Gaji PNS bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon