Simak! Formasi CPNS 2023 Dibuka Capai Sebanyak 34 Ribu

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Simak! Formasi CPNS 2023 Dibuka Capai Sebanyak 34 Ribu kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Pembukaan pendaftaran PPPK dan CPNS tahun 2023 kabarnya akan segera dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini, sebelum mengetahui jadwalnya alangkah baiknya mengetahui formasi CPNS 2023 terlebih dahulu yang capai 34 ribu.

Di dalam Surat Edaran (SE) dari Kementerian PANRB dengan No B/521/M.SM.01.00/2023 menjelaskan bahwa pemenuhan kebutuhan formasi akan didominasi pada bisang PPPK, sedangkan untuk CPNS akan berjumlah sedikit.

Sedangkan itu rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan difokuskan hanya untuk 4 bidang saja, yaitu bidang tenaga kejaksaan, tenaga kehakiman, tenaga dosen dan tenaga intelijen.

Disebutkan bahwa pada bidang CPNS tahun 2023 yang dibuka hanya 4 bidang tersebut dan hanya bisa diajukan oleh instansi pemerintah pusat. Hal itu telah dijelaskan di dalam surat edaran dari Kementerian PANRB menyebutkan bahwa instansi pusat bisa mengusulkan kebutuhan formasi CPNS dan PPPK tahun 2023.

Sementara itu pada instansi daerah, tidak membuka formasi CPNS 2023 dan hany akan diprioritaskan untuk perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal itu disebut sebagai tindakan dari MenPANRB Azwar Anas dalam rangka menyerap lebih banyak tenaga honorer yang ada di Indonesia.

Didalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan melalui pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilakukan pada tahun 2023 ini, kemudian kementerian PANRB menetapkan empat arah kebijakan.

Hal tersebut sebelumnya juga telah disebutkan dan diungkapkan oleh MenPANRB dihadapan para anggota komisi X DPR RI. Adapun empat arah kebijakan tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Fokus terhadap pelayanan dasar di bidang tenaga kesehatan dan tenaga kependidikan semaksimal mungkin, dalam rangka menuntaskan persoalan tenaga non ASN yang ada di Indonesia.
  2. Melakukan rekrutmen CPNS dengan menggunakan pola yang sangat selektif.
  3. Sebisa mungkin mengurangi perekrutan pada posisi-posisi jabatan yang suatu nanti akan tergantikan oleh transformasi digital. Misalnya saja seperti jabatan pelaksana, yang sekarang tidak akan lagi dibuka rekrutmennya atau berstatus negative growth.
  4. Memberikan kesempatan dalam pendaftaran melalui sistem data scientist dan talenta digital dengan secara terukur.

Kemarin Kementerian PANRB juga telah mengumumkan bahwasannya jumlah kebutuhan CPNS yang akan dibuka di dalma formasi CPNS 2023 yaitu sebanyak 15.858 formasi kebutuhan untuk tenaga dosen.

Sedangkan itu sebanyak 18.595 formasi kebutuhan CPNS akan dibuka untuk tenaga teknis lainnya seperti yang telah diketahi di dalam surat edaran dari Kementerian PANRB tersebut untuk formasi tenaga kejaksaan, kehakiman, dan intelijen.

Halaman Selanjutnya

Jadi dapat diketahui total formasi kebutuhan yang akan dibuka pada rekrutmen CPNS

Artikel Simak! Formasi CPNS 2023 Dibuka Capai Sebanyak 34 Ribu pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Simak! Formasi CPNS 2023 Dibuka Capai Sebanyak 34 Ribu bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon