Guru Honorer Tak Perlu Khawatir Penghapusan Tenaga Honorer, Ini Kata Mendikbud!

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Guru Honorer Tak Perlu Khawatir Penghapusan Tenaga Honorer, Ini Kata Mendikbud! kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Bagi anda yang merupakan seorang guru dan masih berstatus sebagai Guru Honorer kini tak perlu khawatir akan nasib kedepan saat honorer benar-benar dihapuskan pada bulan November mendatang. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim siap memberikan kejutan bagi guru-guru yang masih berstatus sebagai honorer di tahun 2024. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Sebelumnya para guru honorer dibuat cemas dan gelisah dengan kabar dari pemerintah yang akan menghapuskan tenaga honorer termasuk guru di akhir tahun ini tepatnya pada bulan November tahun 2023. Bagaimana tidak khawatir, pasalnya pekerjaan mereka sebagai seorang guru dengan status honorer sebagai mata pencaharian dan menghidupi keluarga kini harus sirna lantaran peraturan yang dibuat pemerintah belum memihak pada mereka.

Program pemerintah dalam pengentasan guru honorer berupa rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau PPPK nyatanya masih banyak kekurangan dan belum bisa mengakomodasi keseluruhan guru honorer di tanah air. Hal tersebut semakin diperparah dengan adanya berita mengenai penghapusan tenaga honorer di lingkungan instansi pemerintahan termasuk guru-guru di sekolah negeri.

Namun kini ada kabar baik yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, bagi guru-guru honorer yang tidak kunjung mendapat penempatan dalam seleksi penerimaan ASN PPPK guru akan segera diberi hadiah khusus dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Rencananya hadiah tersebut akan diberikan dan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Jadi untuk saat ini para guru honorer tidak perlu khawatir akan nasib mereka di masa depan. Selain itu, kebijakan tentang pengangkatan guru honorer melalui jalur seleksi penerimaan ASN PPPK guru menjadi perhatian bagi pemerintah sejak tahun 2022. Hal ini dibuktikan dengan adanya kebutuhan formasi yang diajuka olh Kemdikbud Ristek mencapai 781 ribu lebih pada tahun 2022, dan 601 ribu formasi pada tahun 2023.

Namun PPPK tahun ini ada sedikir masalah yang terdapat di pemerintah daerah, pasalnya hingga kini belum sepenuhnya pemerintah daerah mengajukan formasi bagi guru di wilayah masing-masing yang nantinya akan menghambat proses peyerapan ASN PPPK khususnya guru. Jika berkaca pada rencana tahun ini, tanggal 23 November mendatang status kepegawaian tenaga honorer sudah akan dihapuskan, dan status kepegawaian yang masih tersisa hanyalah ASN PPPK dan PNS saja.

Halaman Selanjutnya

Solusi Mendikbud Ristek

Artikel Guru Honorer Tak Perlu Khawatir Penghapusan Tenaga Honorer, Ini Kata Mendikbud! pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Guru Honorer Tak Perlu Khawatir Penghapusan Tenaga Honorer, Ini Kata Mendikbud! bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon