TERBARU! Kemenpan RB Rilis Formasi CPNS dan PPPK 2023. Ada Guru dan Dosen!

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul TERBARU! Kemenpan RB Rilis Formasi CPNS dan PPPK 2023. Ada Guru dan Dosen! kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Baru saja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merilis kebutuhan formasi bagi pegawai pemerintah dengan status CPNS dan PPPK di tahun 2023. Kebutuhan formasi bagi CPNS dan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2023 tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan RB Alex Denni. Kabar tersebut disampaikan oleh Alex Denni ketika Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI pada 24 Mei 2023.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan RB tersebut menyampaikan bahwa secara nasional pada tahun 2023 ini, kebutuhan Aparatur Sipil Negara baik CPNS maupun ASN PPPK mencapai 1.070.751 kebutuhan. Formasi CPNS dan PPPK 2023 tersebut terdiri dari beberapa jabatan dalam instansi pemerintahan, termasuk formasi bagi guru dan dosen.

Sebelumnya Alex Denni menyampaikan bahwa proses pelaksanaan rekrutmen ASN pada formasi CPNS dan PPPK tahun 2023 sudah sesuai dengan arah kebijakan dari Kemenpan RB. Dalam kebijakan tersebut terdapat empat poin utama yang menjadi acuan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan aparatur sipil negara baik CPNS maupun ASN PPPK.

Empat arah kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam rekrutmen formasi CPNS dan PPPK tahun 2023 tersebut sebagai berikut:

  1. Kementerian PAN-RB Fokus dalam menyelesaikan masalah tenaga non ASN atau tenaga Honorer pada pelayanan dasar sesuai instruksi Presiden (Guru dan Tenaga Kesehatan)
  2. Kementerian PAN-RB Memberikan kesempatan pada formasi talenta digital dan data scientist dalam rekrutmen CPNS dan PPPK yang dilakukan secara terukur
  3. Kementerian PAN-RB melakukan proses rekrutmen CPNS secara selektif dan transparan
  4. Kementerian PAN-RB akan melakukan pengurangan rekrutmen pada jabatan yang terdampak oleh perkembangan transformasi digital.

Dengan adanya empat poin utama tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengambil kebijakan dalam proses rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2023 sesuai dengan arah kebijakan yang telah dirancang. Adapun jumlah kebutuhan formasi CPNS dan PPPK tahun 2023 sendiri terdiri dari kebutuhan ASN pada pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, dan alokasi Pegawai Negeri Sipil pada sekolah kedinasan di berbagai Lembaga dan Kementerian terkait.

Halaman Selanjutnya

Kebutuhan ASN Tahun 2023

Artikel TERBARU! Kemenpan RB Rilis Formasi CPNS dan PPPK 2023. Ada Guru dan Dosen! pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai TERBARU! Kemenpan RB Rilis Formasi CPNS dan PPPK 2023. Ada Guru dan Dosen! bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon