Kemendikbud Percepat Salurkan BOSP 2024, Berapa Besarannya?

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Kemendikbud Percepat Salurkan BOSP 2024, Berapa Besarannya? kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Praptono selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek menjelaskan jika pihaknya saat ini tengah mempercepat penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah Pendidikan (BOSP) 2024 demi untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas.

“Sejauh ini terdapat 2 alasan kenapa kami disini terus mengupayakan penyaluran dana BOSP 2024 tersebut. Yaitu dengan mengedepankan keberpihakan pada satuan pendidikan,” katanya dalam Peluncuran Penyaluran Dana BOSP 2024 di Jakarta, Rabu 17 Januari 2024.

Pihak pemerintah sendiri sudah dengan jelas menyiapkan anggaran sebesar Rp57,54 triliun untuk BOSP 2024. Yang mana akan diberikan kepada 419.218 satuan pendidikan lewat dua tahap yakni tahap pertama berlangsung mulai dari bulan Januari sampai Juni serta tahap kedua yaitu mulai dari bulan Juli hingga Oktober.

Namun disisi lain, lanjutnya, penyaluran dana BOSP tahap pertama untuk tahun 2024 ini akan direalisasikan pada bulan Januari bagi 402.831 satuan pendidikan atau 96% dari total penerima. Sementara untuk tahun-tahun sebelumnya baru dimulai pada bulan Februari.

Dalam hal ini Praptono juga menuturkan dengan penyaluran lebih awal ini maka diharapkan operasional rutin satuan pendidikan bisa segera dilakukan.

Sehingga dengan begitu maka warga sekolah bisa mendorong terwujudnya pembelajaran yang berkualitas untuk murid.

Tidak hanya itu, kata dia, lewat penyaluran yang lebih awal tersebut maka potensi kesulitan dana yang membebani kepala sekolah serta juga pihak sekolah dalam rangka memenuhi kebutuhan sekolah akan bisa dikurangi.

“Ini (penyaluran BOSP) telah kami mulai pada minggu kedua Januari serta juga kami harapkan paling cepat tahap pertama ini terjadi kepada ratusan ribu satuan pendidikan,” ucap Praptono.

Beliau juga menambahkan percepatan penyaluran BOSP sekaligus langkah Kemendikbudristek untuk mentransformasi pendidikan, sebab sangat diharapkan jika bisa dimanfaatkan secara cepat serta tepat oleh satuan pendidikan.

“Kemendikbudristek akan menambah bukti keberpihakannya kepada satuan pendidikan yakni dengan menggunakan penyaluran dana BOSP 2024 dengan penyaluran tercepat sehingga bisa dimanfaatkan dengan tepat,” katanya.

Syarat Pencairan Dana BOSP

Praptono menjelaskan, jika untuk tahun lalu dalam rangka mendapatkan pencairan dana BOSP tahap pertama maka satuan pendidikan harus terlebih dahulu mengumpulkan beberapa laporan. Yakni berupa laporan BOSP tahun anggaran 2022 reguler dan kinerja.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Miskonsepsi P5 Dalam Kurikulum Merdeka” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2897/checkout dapatkan diklat serta Instrumen Tes Multiple Intelligence       Mau dibantu daftar?       http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya

Satuan Pendidikan Juga Harus Mengumpulkan Laporan

Artikel Kemendikbud Percepat Salurkan BOSP 2024, Berapa Besarannya? pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Kemendikbud Percepat Salurkan BOSP 2024, Berapa Besarannya? bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon