Seleksi CASN 2024 Diadakan 3 Kali Setahun, Simak Informasi Lengkapnya

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Seleksi CASN 2024 Diadakan 3 Kali Setahun, Simak Informasi Lengkapnya kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB), menjelaskan alasan di balik keputusan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau seleksi CASN 2024 sebanyak 3 kali dalam setahun.

Pemilihan untuk membuka CPNS secara bertahap ini bertujuan untuk mengisi formasi yang masih kosong pada tahap awal rekrutmen, memastikan keberlanjutan pada rekrutmen selanjutnya.

Langkah ini sejalan dengan semangat fleksibilitas dalam penataan Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Menurut Abdullah Azwar Anas, kebijakan seleksi CASN 2024 ini bisa dilaksanakan karena UU ASN yang baru memberikan keleluasaan dan mempermudah regulasi rekrutmen dari tingkat pusat hingga daerah.

Pendekatan ini tidak mengikat pada pola tahunan tertentu, memungkinkan dinamika organisasi untuk berjalan dengan lebih fleksibel.

Anas memberikan contoh dari sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang melibatkan rekrutmen yang dinamis dan tidak terikat siklus tahunan.

Menurutnya, rekrutmen yang bergantung pada siklus tahunan dapat menyulitkan organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan dinamis yang terjadi jika harus menunggu satu tahun.

Oleh karena itu, dengan pendekatan yang lebih fleksibel, diproyeksikan bahwa kuota nasional sebanyak 2,3 juta formasi pada tahun 2024 dapat terpenuhi dalam satu tahun.

Biasanya seleksi CASN dibuka pada bulan November. Namun, pada tahun ini, seleksi CASN 2024 dijadwalkan akan dimulai pada bulan Mei sebagai langkah untuk lebih fleksibel dalam pelaksanaannya.

Meskipun periode ini lebih panjang dari biasanya, Anas memastikan bahwa pendekatan yang lebih fleksibel dalam pelaksanaan rekrutmen CASN ini dapat memberikan waktu yang lebih baik bagi pengisian formasi yang kosong.

Tahap pertama rekrutmen CASN 2024, yang melibatkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dijadwalkan untuk dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Anas mendorong seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memasukkan data pada platform digital yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Konsolidasi usulan instansi pemerintah diharapkan selesai pada Januari 2024.

Anas juga memberikan imbauan kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera mengajukan formasi yang diperlukan oleh setiap instansi.

Halaman Selanjutnya

Untuk sekarang menanti sampai tanggal 31 Januari proses pengajuan dari masing-masing

Artikel Seleksi CASN 2024 Diadakan 3 Kali Setahun, Simak Informasi Lengkapnya pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Seleksi CASN 2024 Diadakan 3 Kali Setahun, Simak Informasi Lengkapnya bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon