Wajib Tahu! Faktor Penentu Utama Guru Honorer Lulus Seleksi dan Penempatan PPPK 2024

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Wajib Tahu! Faktor Penentu Utama Guru Honorer Lulus Seleksi dan Penempatan PPPK 2024 kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Berita terbaru menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo membawa kabar gembira bagi para guru di tingkat TK, SD, SMP, dan SMA/SMK Sederajat. Presiden Republik Indonesia mengumumkan rencana pemerintah untuk membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) pada tahun 2024 termasuk PPPK guru 2024 , dengan jumlah formasi CASN yang tersedia mencapai 2,3 juta.

Dalam konferensi pers pada Jumat (5/1/2024), Presiden Jokowi menyatakan fokus rekrutmen CPNS 2024 akan ditempatkan pada formasi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Jumlah formasi tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, termasuk alokasi untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

Pentingnya rekrutmen ini juga terlihat dalam upaya penuntasan tenaga honorer, khususnya guru honorer di tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Melalui seleksi PPPK, pemerintah berusaha memberikan kesempatan kepada guru honorer untuk mengubah status kepegawaian mereka menjadi Guru PPPK.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa formasi-formasi yang dibuka akan disesuaikan dengan kebutuhan, sementara pemerintah juga merencanakan pembukaan 690 ribu formasi CPNS di tahun 2024 untuk memberikan peluang kepada lulusan baru.

Selain itu, rencana perekrutan 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga merupakan bagian dari langkah-langkah untuk menata tenaga non-ASN, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Sebagaimana yang di update dari akun instagram resmi Kemen PAN RB bahwa di terangkan untuk pengadaan CASN baik CPNS Maupun PPPK tahun 2024 ini memiliki fokus utama.

Berikut ini fokus pengadaan Calon ASN tahun 2024, antara lain:

  1. Tenaga guru dan tenaga kesehatan
  2. Seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non ASN di instansi pemerintah.
  3. Merekrut talenta talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS
  4. Mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan berdampak oleh transformasi digital dengan mengutamakan talenta digital.

Tentu ini menjadi kabar bahagia, untuk guru honorer bahwa secara tidak langsung bahwa dipastikan di tahun 2024 pengadaan PPPK guru 2024 akan dibuka.

Namun perlu diketahui bahwa terdapat faktor utama penentu kelulusan guru honorer dalam pengadaan seleksi PPPK guru tahun 2024.

Adalah memastikan bahwa di daerah Anda tersedia formasi guru PPPK. Karena yang terjadi di tahun tahun sebelumnya kebutuhan formasi nasional selalu kurang karena instansi daerah yang tidak mengajukan formasi sesuai dengan kebutuhan.

Bahwa di beberapa daerah ada yang tidak mengajukan formasi PPPK guru. Maka dari itu ini menjadi faktor yang penting.

Halaman selanjutnya,

Pada tanggal 21 Desember …

Artikel Wajib Tahu! Faktor Penentu Utama Guru Honorer Lulus Seleksi dan Penempatan PPPK 2024 pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Wajib Tahu! Faktor Penentu Utama Guru Honorer Lulus Seleksi dan Penempatan PPPK 2024 bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon