Tips Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang Efektif

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Tips Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang Efektif. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, guru diminta untuk menjadi kreatif dan inovatif. Akan dibahas tips menyusun modul ajar, mengingat  modul ajar yang efektif adalah komponen penting dari IKM.

Modul ajar yang baik bukan hanya memenuhi struktur yang ditetapkan, tetapi juga mampu membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang paling efektif. Berikut ini adalah beberapa saran praktis untuk menyusun modul ajar IKM yang efektif:

Berikut ini beberapa Tips Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang Efektif

1. Pahami Konsep Dasar IKM

Langkah pertama adalah memahami konsep dasar IKM, termasuk Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini akan membantu Anda merancang modul ajar yang sejalan dengan visi dan misi IKM.

2. Libatkan Peserta Didik dalam Proses Penyusunan

Anda tidak harus mengerjakan modul ajar sendirian. Libatkanlah peserta didik dalam proses penyusunannya. Lakukan diskusi kelas untuk menggali minat dan kebutuhan mereka. Hal ini akan membuat modul ajar lebih relevan dan bermakna bagi peserta didik.

3. Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Dalam menyusun modul ajar, usahakan untuk menggunakan bahasa yang jelas, tingkat dan mudah dipahami. Baik oleh Anda guru sendiri, guru lainnya maupun bagi siswa.

Dengan menggunakan bahasa yang jelas tentu akan memudahkan anda untuk mengikuti alur sesuai dengan modul ajar yang sudah adna buat sebelumnya.

4. Gunakan desain yang menarik dan rapi untuk meningkatkan visualisasi modul ajar

Bisa menambahkan desain yang menarik agar modul ajar tidak terkesan monoton atau membosankan tampilannya, namun ini bukanlah hal yang wajib namun bisa menjadi pertumbangan.

Halaman selanjutnya,

5. Manfaatkan Teknologi dan Media Pembelajaran…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon