Peran Keterampilan Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Peran Keterampilan Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Salah satu kompetensi pedagogik guru untuk pembelajaran abad 21 yaitu keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja, tetapi lebih dari itu yaitu menentukan keberhasilan meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

Naikpangkat.com akan menjabarkan peran keterampilan komunikasi guru dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

Kemampuan komunikasi guru meliputi beberapa hal, antara lain seperti bagaimana kemampuan guru dalam berinteraksi, menjelaskan konsep, dan bagaimana kemampuan guru dalam  membangun hubungan yang baik dengan siswa.

Karena hal ini menjadi penting mengingat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pembelajaran.

Peran Keterampilan Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa

Membangun Fondasi Pemahaman

Maksudnya adalah kemampuan komunikasi guru dalam menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami akan sangat membantu siswa dalam membangun fondasi pemahamannya.

Selain itu juga dengan menggunakan contoh contoh konkret yang peserta didik alami sehari hari juga akan menambah rasa pemahaman dalam diri siswa.

Didukung dengan visualisasi, dengan menunjukan gambar, atau media visual lainnya juga dapat membuat konsep abstrak menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa.

Meningkatkan Motivasi Belajar

Maksudnya adalah dengan kemampuan guru dalam komunikasi guru dapat menggunakan bahasa untuk memberikan pujian atau dorongan positif kepada siswa, yang mana hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi siswa.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik tentu guru akan menjadi kreatif dalam menyampaikan materi serta mampu menghubungkan materi dengan kehidupan sehari hari yang mana akan menimbulkan motivasi siswa untuk belajar.

Memfasilitasi Diskusi dan Kolaborasi

Maksudnya adalah, bahwa kemampuan komunikasi guru dapat membuka pertanyaan atau sekedar mendorong siswa untuk dapat berpikir kritis dan menyampaikan pendapatnya.

Kemampuan komunikasi ini juga meliputi kemampuan guru dalam mendengar, hal ini bermanfaat agar guru dapat mendengarkan aktif dan siswa dapat mengungkapkan ide idenya tanpa mengalami interferensi takut salah.

Halaman selanjutnya,

Meningkatkan keterampilan berpikir kritis…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon