Penguatan Kapasitas Guru dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Penguatan Kapasitas Guru dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Merujuk pada panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila edisi revisi 2024 terdapat 2 bentuk penguatan kapasitas guru yaitu terdiri dari Kapasitas dasar dan Kapasitas lanjutan.

Sebagai catatan juga bahwa satuan pendidikan tidak diwajibkan melakukan seluruh penguatan kapasitas yang tertera pada uraian berikut ini. 

Dalam proses belajarnya,satuan pendidikan dapat menyesuaikan topik penguatan dengan kebutuhan dan kesiapan untuk memberdayakan diri secara bertahap dan berkesinambungan.

Contoh Bentuk Penguatan Kapasitas Guru (Kapasitas Dasar)

1. Pembelajaran Berbasis Projek

Guru perlu menguasai:

  • Pengertian pembelajaran berbasis projek.  
  • Manfaat pembelajaran berbasis projek. 
  • Strategi pengembangan pembelajaran berbasis projek.
  • Contoh pembelajaran berbasis projek di satuan pendidikan lain.
  • Manajemen pelaksanaan projek.  

2. Strategi Diferensiasi

Guru perlu menguasai:

  • Memahami tahap perkembangan belajar peserta didik. 
  • Mengidentifikasi preferensi cara belajar dan minat peserta didik. 
  • Strategi pengelompokan berdasarkan profil peserta didik.

3. Strategi Asesmen

Guru perlu menguasai:

  • Jenis-jenis asesmen. 
  • Pengembangan asesmen kinerja. 
  • Perancangan instrumen asesmen yang bervariasi. 
  • Pemberian umpan balik yang efektif. 
  • Penyusunan dan pemanfaatan portofolio

4. Strategi Refleksi

Guru perlu menguasai:

  • Penyusunan pertanyaan pemantik refleksi. 
  • Berbagai strategi dalam melakukan refleksi (Berpasangan & Berbagi, 3-2-1, Tiket Keluar, Tweet, menulis jurnal, berdiskusi kelompok dan strategi refleksi lainnya). 

5. Strategi Bertanya

Guru perlu menguasai:

  • Tipe-tipe pertanyaan. 
  • Membuat pertanyaan yang mendorong proses inkuiri peserta didik. 
  • Strategi bertanya efektif. 

6. Strategi Pendampingan

Guru perlu menguasai:

  • Cara memfasilitasi belajar peserta didik tanpa menggurui. 
  • Mengasah kemampuan peserta didik untuk dapat mengatur waktu  dan pekerjaan 
  • Membangun inisiatif peserta didik. 
  • Mendorong peserta didik untuk mengambil tantangan. 

Halaman selanjutnya,

Contoh Bentuk Pengautan Kapasitas Guru (Kapasitas Lanjutan)…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon