Langkah- Langkah Pembentukan Tim Pelaksana  P5 dan Pembagian Peran Serta Tanggung Jawabnya

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Langkah- Langkah Pembentukan Tim Pelaksana  P5 dan Pembagian Peran Serta Tanggung Jawabnya. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Untuk dapat melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Satuan Pendidikan perlu membentuk sebuah tim yang mana disebut dengan Tim Pelaksana. Dalam artikel ini akan dijelaskan langkah pembentukan Tim Pelaksana P5.

Tim pelaksana ini terdiri dari sejumlah pendidik yang berperan  merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi projek penguatan profil  pelajar Pancasila.

Langkah Pembentukan Tim Pelaksana  P5

Terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh untuk membentuk tim pelaksana projek ini, yaitu antara lain:

1. Kepala satuan pendidikan menentukan  seorang koordinator, bisa dari wakil kepala  satuan pendidikan atau pendidik yang  mempunyai pengalaman mengembangkan  dan mengelola pembelajaran berbasis  projek dan/atau projek penguatan profil  pelajar Pancasila.  

2. Apabila mempunyai SDM yang cukup,  koordinator projek sekolah dapat membentuk koordinator di level kelas.  Misalnya satu orang koordinator kelas  1, satu orang koordinator kelas 2, dan  seterusnya. Untuk pendidikan khusus,   koordinator dapat dipilih berdasarkan jenis  kekhususan. 

3. Seluruh pendidik diupayakan terlibat  dengan mempertimbangkan kondisi/  kebutuhan spesifik satuan pendidikan.  Kepala satuan pendidikan bersama  koordinator projek memetakan komposisi  peran dan tugas setiap pendidik dalam tim  pelaksana projek penguatan profil pelajar  Pancasila di setiap tema/semester. Kondisi  dan kebutuhan satuan pendidikan yang  perlu jadi pertimbangan:  

  • Jumlah peserta didik di satuan  pendidikan  
  • Jumlah tema yang dipilih dalam satu  tahun ajaran  
  • Jumlah jam mengajar pendidik  
  • Pertimbangan lain sesuai kebutuhan  masing-masing satuan pendidikan.  

Peran dan Tanggung Jawab Tim Pelaksana P5

Mulai dari kepala sekolah, koordinator projek, serta pelaksana projek memiliki peran dan tanggung jawabnya masing- masing. Yaitu antara lain dengan rincian sebagai berikut:

Kepala Sekolah

  1. Menyiapkan sistem dari perencanaan  hingga evaluasi dan refleksi projek  penguatan profil pelajar Pancasila di  skala satuan pendidikan, termasuk sistem   pendokumentasiannya. Sistem ini juga  dapat digunakan sebagai portofolio satuan  pendidikan.
  1. Mengatur susunan tim pelaksana projek  penguatan profil pelajar Pancasila dan  memastikan tidak ada perubahan pada  total jam mengajar guru serta total alokasi  jam pelajaran sesuai pemetaan pada  struktur kurikulum.  
  2. Membuat pemetaan dimensi, tema,  dan alokasi waktu projek yang akan  dilaksanakan dalam satu tahun.
  3. Melibatkan pendidik bimbingan dan  konseling atau mentor untuk memfasilitasi  proses berjalannya projek penguatan profil  pelajar Pancasila dengan memberikan  dukungan, baik dalam bidang akademis  maupun kebutuhan emosional peserta  didik.
  4. Menyediakan kebutuhan sumber daya  yang diperlukan.

Halaman selanjutnya,

Peran Koordinator Projek…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon