Prinsip Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Prinsip Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Tentu dalam menyusun atau melaksanakan pembelajaran harus dilakukan evaluasi dengan tujuan untuk memperbaiki kesalahan atau hal hal yang tidak sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Begitu juga dengan perlunya melakukan evaluasi kurikulum satuan pendidikan.

Evaluasi pembelajaran dan evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan dilakukan secara mandiri dan berkala oleh satuan pendidikan.

Evaluasi pembelajaran secara menyeluruh bertujuan untuk mengukur keberhasilan pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran.

Evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan bertujuan untuk mengukur keberhasilan kepala satuan pendidikan dan pendidik dalam menjalankan seluruh program pendidikan yang direncanakan dengan tujuan untuk memahami apakah visi, misi dan tujuan satuan pendidikan telah tercapai. 

Evaluasi pembelajaran menjadi salah satu bagian penting dari evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan.

Kedua proses ini saling berkaitan, tetapi mempunyai sasaran evaluasi yang berbeda. Sasaran langsung dari evaluasi pembelajaran adalah peserta didik dan pendidik, sedangkan sasaran utama evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan adalah kepala satuan pendidikan dan pendidik, di mana peserta didik menjadi sasaran tidak langsung.

Proses ini dikelola oleh para kepala satuan pendidikan dan/atau pendidik yang dianggap sudah mampu untuk melakukan peran ini.

Evaluasi dilakukan secara bertahap dan mandiri agar terjadi peningkatan kualitas secara berkelanjutan di satuan pendidikan, sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan.

Prinsip Melakukan Evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan

Prinsip-prinsip melakukan evaluasi:

  1. Menetapkan tujuan evaluasi yang akan dilakukan
  2. Menetapkan data/informasi yang ingin didapatkan dalam kegiatan peninjauan
  3. Menentukan bentuk asesmen yang akan dilakukan untuk mendapatkan data/informasiyang diinginkan
  4. Merancang aktivitas evaluasi yang bersifat reflektif dan dapat dijadikan perencanaan danpengembangan bagi pendidik dan pelaksana program
  5. Menggunakan alat penilaian pencapaian yang jelas dan terukur

Halaman selanjutnya,

Strategi Evaluasi Kurikulum Satuan Pendidikan…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon