Prinsip Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sesuai Panduan Revisi 2024

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Prinsip Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sesuai Panduan Revisi 2024. Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Terdapat beberapa prinsip pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sesuai Panduan Revisi 2024 diantaranya yaitu Holistik, Kontekstual, Berpusat pada Siswa, dan Eksploratif.

4 Prinsip tersebut akan dibahas secara mendalam melalui artikel berikut ini.

1. Holistik

Prinsip pelaksanaan P5 yang pertama adalah Holistik, bermakna memandang sesuatu secara  utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau  terpisah-pisah. Dalam konteks perancangan  projek penguatan profil pelajar Pancasila,  kerangka berpikir holistik mendorong kita  untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan  melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk  memahami sebuah isu secara mendalam.

Setiap  tema yang dijalankan bukan wadah tematik  yang menghimpun beragam mata pelajaran,  namun wadah yang meleburkan beragam  perspektif dan konten pengetahuan secara  terpadu.

Di samping itu, cara pandang holistik  juga mendorong kita untuk dapat melihat  koneksi yang bermakna antar komponen yang  terlibat dalam alur pelaksanaan kegiatan,   seperti peserta didik, pendidik, satuan  pendidikan, masyarakat, dan realitas kehidupan  sehari-hari.

2. Kontekstual 

Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya  mendasarkan kegiatan pembelajaran pada  pengalaman nyata yang dihadapi peserta didik  di keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik  dan peserta didik untuk dapat menjadikan  lingkungan sekitar dan realitas kehidupan  sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. 

Oleh karenanya, satuan pendidikan sebagai  penyelenggara kegiatan projek penguatan  profil pelajar Pancasila harus membuka ruang  dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat  mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup  satuan pendidikan.

Tema-tema yang disajikan  sebisa mungkin dapat menyentuh dan  menjawab persoalan lokal yang terjadi di  daerah masing-masing. Dengan mendasarkan  aktivitas pada pengalaman dan pemecahan  masalah nyata yang dihadapi dalam keseharian,  diharapkan peserta didik dapat mengalami  pembelajaran yang bermakna untuk secara aktif  meningkatkan pemahaman dan kemampuannya.

3. Berpusat Pada Peserta Didik 

Prinsip pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang selanjutnya adalah berpusat pada peserta didik, ini berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong   peserta didik menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara   mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih.

Pendidik diharapkan menjalankan  berbagai peran pendidik yang membuka banyak kesempatan untuk peserta didik melakukan  eksplorasi, bukan lagi ‘aktor utama’ yang banyak menjelaskan materi atau memberikan instruksi.  

Halaman selanjutnya,

Penyusunan peojek penguatan profil pelajar Pancasila…



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon