Telah dibuka pendaftaran seminar nasional yang dapat diikuti gratis tanpa biaya sepeserpun. Seminar ini diselenggarakan oleh e-guru.id plaform edukasi untuk guru hebat Nusantara. Seminar diadakan secara daring melalui live streaming youtube dan live zoom meeting.
Untuk anda yang Ingin pembelajaran lebih bermakna dan bersahabat dengan murid? Ingin menciptakan pembelajaran yang ramah masyarakat? Ingin mengetahui kontrol sosial yang efektif terhadap perilaku murid & guru? Mari belajar Bersama dalam Seminar Nasional Mengenal Hidden Curriculum Dalam Proses Pembelajaran.
Menghadirkan narasumber special bapak Dr. Yuli Utanto, S.Pd.,M.Si Ketua Jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan Unnes. Dipandu oleh Moderator ibu Dwi Astuti, S.Pd.,C.Md. yang merupakan tim e-Guru.id.
Seminar akan dilaksanakan pada Rabu, 13 April 2022 Pukul 13.30 WIB – selesai. Peserta yang telah mendaftar dan mengikuti kegiatan akan mendapat fasilitas gratis yaitu Sertifikat Tanpa Nama (4 JP), Live On YouTube dan Seminar Kit (Undangan, Materi, Rekap daftar hadir).
SYARAT PENDAFTARAN PESERTA FREE/GRATIS
- Gabung grup diskusi http://linktr.ee/grupinfowebinar
- Share ke 3 Grup Pendidik yang lain.
- Kemudian mengisi link pendaftaran: http://bit.ly/Semnas_Hidden_Curriculum
- Download/Unduh Undangan Seminar klik http://bit.ly/Undangan_Semnas
Untuk mengikuti informasi kegiatan, fasilitas dan sertifikat silahkan untuk menyimpan nomor admin 085865988163 (admin lawu) lalu kirim pesan dengan format NAMA_HIDDEN CURRICULUM.
Hidden Curriculum dalam proses pembelajaran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan, cakupannya berisikan uraian bidang studi yang terdiri atas beberapa mata pelajaran yang disajikan secara kait-berkait.
Hidden curriculum sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Philip W. Jackson dalam bukunya Life in Classrooms. Dalam bukunya tersebut Jackson berusaha mencari jawaban factor terpenting yang ada dalam sekolah sehingga dapat membentuk habitus budaya seperti kepercayaan, sikap dan pandangan peserta didik.
Hidden curriculum ini diharapkan mampu mempersiapkan peserta didik dalam kehidupan yang dianggap membosankan dalam masyarakat industry. Hidden curriculum ini diartikan oleh Jackson sebagai aturan-aturan sosial dan perilaku yang diharapkan berdasarkan segala sesuatu yang tidak tertulis.
Fungsi Hidden Curriculum
- Hidden Curriculum adalah alat dan metode untuk memperluas pengetahuan siswa di luar materi yang tidak termasuk dalam silabus. Misalnya budi pekerti, sopan santun, menciptakan dan menimbulkan sikap apresiatif terhadap kehidupan lingkungan.
- Berfungsi sebagai pencairan suasana, menciptakan minat, dan penghargaan ketika disampaikan oleh gaya bahasa guru dan dari pengetahuan yang beragam. Guru yang disukai siswa adalah modal awal untuk Melancarkan proses belaajr mengajar serta merangsang minat baca siswa.
- Dirancang untuk mengajarkan siswa tentan keterampilan yang berguna sebagai bekal dalam kehidupan di kemudian hari. Dalam hal ini, siswa kurikulum perlu mempersiapkan siswa untuk siap terjun di lingkungan masyarakat.
- Membantu menciptakan masyarakat yang demokratis. Hal ini tercermin dari berbagai kegiatan dan kegiatan yang tidak tercantum dalam kurikulum. Misalnya melalui berbagai kegiatan pelatihan, kegiatan ekstrakurikuler, dan diskusi.
- Berfungsi sebagai mekanisme kontrol sosial yang efektif untuk perilaku siswa dan guru. Guru memberikan panutan, teladan dan pengalaman yang diturunkan kepada siswa. Siswa kemudian berdiskusi dan merundingkan penjelasan tersebut.
- Membantu meningkatkan motivasi siswa dan keberhasilan belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam hidden curriculum yang dapat menunjang kemampuan siswa.
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hidden curriculum dalam proses pembelajaran. Untuk mempelajari lebih mendalam mari bergabung dalam Seminar Nasional Gratis.
Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.
EmoticonEmoticon