Kemenkeu Sumbang 249 Milyar untuk Pengangkatan 6.141 Guru Honorer!

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Kemenkeu Sumbang 249 Milyar untuk Pengangkatan 6.141 Guru Honorer! kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Guru honorer kini tak perlu risau akan masa depan mereka mengenai status kepegawaian sebagai guru dengan status Aparatus Sipil Negara baik melalui PNS maupun melalui jalur PPPK. Belakangan diketahui ada sekitar 266.256 ribu guru yang telah lulus dalam seleksi penerimaan ASN PPPK tahun 2022. Kini kabarnya 6.141 guru akan diangkat dari yang semula berstatus sebagai honorer menjadi ASN PPPK. Daerah manakah pengangkatan tersebut akan dilakukan? Simak berita selengkapnya.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (MenPAN – RB) Abdullah Azwar Annas mengatakan bahwa pengusulan formasi bagi guru honorer yang telah diterima oleh KemenPAN – RB kini sebanyak 266.256 kebutuhan yang diajukan oleh pemeerintah daerah. Menpan RB Abdullah Azwar Anas sendiri mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo turut andil dalam menentukan kebutuhan untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan yang akan diangkat menjadi ASN PPPK.

Diketahui ada beberapa daerah yang sudah memastikan diri untuk meloloskan guru honorer menjadi ASN PPPK. Sebagai contoh adalah Provinsi Jawa Timur yang memperjuangkan guru honorer yang tersebar di berbagai daerah agar lulus passing grade agar dapat mengikuti seleksi penerimaan ASN PPPK sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur diketahui telah mengusulkan kebutuhan guru yang tersebar di berbagai daerah di jawa timur. Sebanyak 6.141 guru honorer telah terdaftar dalam guru yang telah lulus passing grade. Harapan dari Gubernur Jawa Timur tersebut agar para guru yang telah lulus passing grade agar bisa diangkat dalam penerimaan ASN PPPK guru tahun 2023.

Dana Alokasi Umum (DAU) yang telah dijanjikan oleh Kementerian Keuangan sendiri berjumlah sangat fantastis dan tak main-main, jika berpatokan pada PMK No. 212 anggaran sebesar 249 Milyar telah disiapkan oleh Kementerian Keuangan guna membiayai gaji dan tunjangan pada formasi PPPK 2023 hingga 3 bulan ke depan.

Namun uang sebanyak itu baru akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur jika Kementerian Keuangan telah menerima laporan realisasi pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN PPPK dari Pemprov Jatim. Lalu bagaimana dengan guru honorer yang belum mendapatkan penempatan pada daerah domisili asing-masing?

Halaman Selanjutnya

Nasib Guru Honorer yang Belum Dapat Penempatan Domisili

Artikel Kemenkeu Sumbang 249 Milyar untuk Pengangkatan 6.141 Guru Honorer! pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Kemenkeu Sumbang 249 Milyar untuk Pengangkatan 6.141 Guru Honorer! bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon