Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Madrasah Unggulan Binaan Kemenag Resmi Dibuka Hari Ini

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Madrasah Unggulan Binaan Kemenag Resmi Dibuka Hari Ini kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Pendaftaran peserta didik baru untuk belajar di madrasah unggulan di seluruh Indonesia sudah dibuka oleh Kementerian Agama mulai hari ini, Senin (08/01/2024). Pembukaan pendaftaran tersebut akan diselenggarakan hingga bulan Februari 2024 mendatang. 

Ketika pendaftaran sudah ditutup, selanjutnya peserta akan diminta untuk mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB). Bagi yang lulus seleksi ketat tersebut, akan diberikan fasilitas untuk belajar di madrasah unggulan di seluruh Indonesia. 

Sebab banyak peminat dalam seleksi ini, dapat dipahami jika tes dilakukan secara ketat. Adapun bagi yang lolos seleksi akan mengikuti pembelajaran di madrasah unggulan di antaranya di 24 MAN Insan Cendekia (MAN IC), 11 MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan di dua Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Perlu diketahui bahwa madrasah yang disebutkan di atas merupakan sekolah-sekolah berbasis keislaman yang unggul yang dibina langsung oleh Kemenag pusat. Misalnya untuk MAN IC adalah madrasah yang unggul di bidang sains humaniora. Tentu saja hanya calon peserta didik yang memiliki potensi besar yang dapat masuk di madrasah tersebut. 

Ke depannya, para lulusan madrasah unggulan tersebut akan dapat bersaing untuk masuk di perguruan tinggi terkemuka di Indonesia maupun di luar negeri. Kemudian, mereka diharapkan akan menjadi seorang teknokrat, pemimpin masa depan, dan terjun di bidangnya masing-masing secara profesional. 

Misalnya untuk siswa lulusan MAN PK, nantinya diharapkan akan menjadi sosok ulama yang benar-benar memahami ilmu agama secara benar dan komprehensif. Sebab, selama pendidikan di MAN PK ini, siswa akan belajar secara kolaboratif antara suasana sekolahan dan pondokan. 24 jam mereka akan belajar dengan berbagai metodologi pembelajaran yang variatif berkaitan dengan ilmu agama Islam. 

SNPDB dibuka sejak mulai hari ini, Senin (08/01/2024) dan akan ditutup pada 17 Februari 2024 mendatang. 

Para calon peserta yang dapat mengikuti seleksi SNPDB ini, di antaranya adalah lulusan pondok pesantren yang memiliki SK Kemenag RI. Dan calon peserta seleksi dapat memilih antara mengikuti seleksi masuk di MAN IC, MAN PK, atau MAKN yang berlokasi di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Bagi pelajar yang memiliki prestasi menonjol….

Artikel Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Madrasah Unggulan Binaan Kemenag Resmi Dibuka Hari Ini pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Madrasah Unggulan Binaan Kemenag Resmi Dibuka Hari Ini bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon