EDARAN MENPAN RB TERKAIT NASIB KODE “P” PPPK GURU & HONORER LULUSAN SD

Salam Pendidikan, Mengutip dari wartaguru.id berikut sebuah artikel yang berjudul EDARAN MENPAN RB TERKAIT NASIB KODE “P” PPPK GURU & HONORER LULUSAN SD kami persembahkan untuk para pendidik sekalian.

Seperti yang sudah diketahui jika pada tahun 2024, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) sudah berhasil merilis surat edaran terbaru yang menghadirkan kabar gembira untuk para guru honorer yang saat ini telah tergabung dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Surat edaran tersebut memberikan panduan serta juga kejelasan terkait dengan berbagai aspek yang akan mempengaruhi nasib para guru honorer.

Keputusan tersebut tentu saja sangat diharapkan bisa memberikan dorongan semangat serta harapan baru untuk para guru honorer yang sudah cukup lama berkontribusi tanpa memperoleh kepastian status.

Poin-poin kunci dalam surat edaran tersebut yaitu mencakup peningkatan kesejahteraan, jaminan kepastian kerja, serta berbagai insentif lainnya yang dirancang demi untuk meningkatkan motivasi dan kualitas pendidikan yang diberikan kepada para guru honorer.

Guru honorer mempunyai alasan untuk bersyukur dengan adanya kebijakan baru ini, sebab memberikan pengakuan atas dedikasi mereka dalam mendidik generasi penerus bangsa kedepannya.

Sangat diharapkan, jika langkah tersebut tidak hanya akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan para guru honorer, namun masih juga meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Di era PPPK guru tahun 2024, diharapkan jika para guru honorer bisa langsung merasakan perubahan yang positif dalam lingkungan kerja mereka.

Karena semakin banyak guru yang merasa dihargai serta didukung, maka jelas akan semakin besar juga potensi perkembangan pendidikan di negeri ini.

Tentunya semua orang dalam hal ini juga berharap apabila nantinya surat edaran KemenPAN RB ini bisa menjadi tonggak awal menuju perubahan positif untuk para guru honorer di Indonesia, yang mana selama ini sudah menjadi pilar penting dalam dunia pendidikan tanah air.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Cara Mudah Menyusun Praktik Baik di PMM dengan Metode Star” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2893/checkout dapatkan diklat serta BONUS Contoh Naskah Best Practice Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Seperti yang sudah disampaikan secara langsung oleh Ditjen GTK bahwa untuk pelaksanaan seleksi PPPK guru tahun 2024 mendatang akan dituntaskan untuk menyelesaikan guru honorer.

Guru yang memperoleh kode P adalah para guru honorer pelamar PPPK guru yang sudah memenuhi nilai ambang batas, akan tetapi mereka kalah pemeringkatan.

Sehingga dengan begitu maka tidak memperoleh penempatan baik untuk para peserta P1,P2, P3, serta bagi pelamar umum.

Para peserta P1 sendiri yaitu guru honorer yang telah lulus passing grade dari pengadaan tahun 2021, dimana kategori tersebut akan terus menjadi prioritas dalam penuntasan tenaga honorer terkhusus nanti pada tahun 2024 mendatang.

Penuntasan guru honorer telah dimulai sejak pengadaan PPPK guru tahun 2021 lalu, sampai pada nantinya akan diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

Sementata sisanya sebanyak 19,6% guru passing grade 2021 (P1) maupun sekitar 12.279 guru honorer yang akan dituntaskan dalam pengadaan PPPK guru tahun 2024.

Lantas bagaimana dengan para peserta selain P1 yang tahun 2023 ini passing grade?

Untuk itu, maka pihak pemerintah sudah menyiapkan Ruang Talenta Guru (RTG) akan memaksimalkan pengangkatan guru honorer menjadi ASN PPPK yang akan mulai diterapkan pada tahun 2024.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dengan Aplikasi Berbasis Web” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2895/checkout dapatkan diklat serta BONUS KURIKULUM KOMPLIT Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

 

 

Platform tersebut juga akan menghubungkan calon guru dengan KS/Satdik yang mempunyai kekosongan guru, dan memfasilitasi Kemendikbud Ristek dalam menempatkan guru dengan beasiswa/insentif ke daerah dengan supply/ peminat paling rendah.

Guru honorer tersebut akan mengikuti seleksi lewat jalur SSCASN proses pendaftaran, pelaksanaan serta pengumuman kelulusan terjadi di ekosistem BKN-SSCASN.

Data guru yang sudah dinyatakan lulus SSCASN dialirkan ke ekosistem RTG (Ruang Talenta Guru) sebagai pool supply. Tidak hanya guru honorer, RTG tersebut juga memberikan kesempatan kepada guru yang mengikuti seleksi PPG Prajabatan (beasiswa maupun non beasiswa).

Dimana data guru lulusan PPG Prajabatan dialirkan pada ekosistem RTG sebagai pool supply.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https://t.me/infofreediklat32JP  

Artikel EDARAN MENPAN RB TERKAIT NASIB KODE “P” PPPK GURU & HONORER LULUSAN SD pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.



Semoga artikel informasi di atas mengenai EDARAN MENPAN RB TERKAIT NASIB KODE “P” PPPK GURU & HONORER LULUSAN SD bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.


EmoticonEmoticon