Ketahui 3 Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP)

Hallo, Salam kembali kita berjumpa. Informasi terbaru dari Admin nih tentang Ketahui 3 Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP). Yang dikutip dari naikpangkat.com.

Kurikulum satuan pendidikan (KSP) hadir sebagai acuan bagi satun pendidikan dalam menjalankan pendidikannya, dan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut. Terdapat fungsi kurikulum satuan pendidikan yang akan dibahas melalui artikel ini.

Simak selengkapnya melalyu artikel berikut ini.

Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan

Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan memiliki fungsi utama sebagai dokumen hidup yang membantu satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Hal ini dapat tercapai dikarenakan, 

Pertama, dalam proses penyusunan dokumen ini, bersama warga satuan pendidikan didorong untuk melakukan analisis, refleksi proses pembelajaran, dan evaluasi berbasis data yang telah dijalankan dengan sistematis dan terstruktur.

Proses ini dipercaya dapat memunculkan kemandirian dan mengembangkan kompetensi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengorganisasi dan merencanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dari satuan pendidikan untuk mencapai tujuannya.

Kedua, dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan dapat membantu kepala satuan pendidikan melakukan diversifikasi kurikulum berdasarkan hasil identifikasi potensi dan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik.

Diversifikasi ini diharapkan dapat memperkuat ciri khas satuan pendidikan dan membantu untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya.

Ketiga, pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang prosesnya diharapkan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dapat memunculkan rasa kepemilikan dan gotong royong dalam menyukseskan pelaksanaan kurikulumnya menuju pendidikan yang berkualitas.

Halaman selanjutnya,

Kurikulum satuan pendidikan dikembangkan …



Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Majukan Pendidikan Indonesia yang bermartabat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon