Guru juara akan Mengadakan WEBINAR GRATIS dengan judul “MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU”. Webinar ini diselenggarakan gratis special untuk semua guru Nusantara. Melalui media zoom meeting dan live streaming youtube.
Dengan menghadirkan narasumber professional ibu Meri Hartati, S.Pd.Gr. yang merupakan mentor dari guru juara. Webinar ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2022 Pukul 19.30 WIB.
Peserta GRATIS akan mendapatkan fasilitas berikut:
Seminar Kit (Undangan, rekap daftar hadir, materi seminar)
E-sertifikat 4JP tanpa nama
Live on Youtube Guru Juara
Laporan Pengembangan Diri
CARA PENDAFTARAN GRATIS:
- Bagikan info Diklat ini ke 3 Grup Pendidik
- Gabung Channel Telegram Guru Juara: https://t.me/infowebinarpendidikan
- Subscribe Channel Youtube Guru Juara: https://www.youtube.com/c/GuruJuara
- Screenshot ke 3 Syarat di atas untuk bukti, dan mengisi formulir pendaftaran di bawah ini: https://bit.ly/KecerdasanEmosionalGuru
Info Kegiatan silahkan hubungi wa.me/6285865988163
Kecerdasan Emosional
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia, makhluk lain, dan alam sekitar. Menurut Goleman, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence); menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.
Lima Dasar Kemampuan dalam Teori Kecerdasan Emosinal Menurut Daniel Goleman
- Mengenali Emosi Diri. Mengenali emosi diri sendiri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan ketika itu terjadi. Kemampuan ini merupakan dasar dari kecerdasan emosional, yaitu kesadaran akan emosi diri sendiri. Kesadaran diri membuat kita lebih sadar akan suasana hati kita dan pikiran kita tentang suasana hati. Ketika kita kurang memperhatikan, individu akan mudah tersesat dalam arus emosi dan dikendalikan oleh emosi. Kesadaran diri tidak menjamin kecakapan emosional, tetapi itu adalah salah satu prasyarat terpenting untuk untuk mengendalikan emosi sehingga individu mudah menguasai emosi.
- Manajemen Emosi. Manajemen emosi adalah kemampuan individu untuk mengelola emosi agar dapat diekspresikan dengan baik dan seimbang dalam diri individu. Mengendalikan emosi agar tetap terjaga adalah kunci kesejahteraan emosional. Jika emosi berlebihan terlalu lama, stabilitas diri akan hilang. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menghibur diri sendiri, kecemasan, perubahan suasana hati, atau meredakan iritasi dan konsekuensinya, dan kemampuan untuk bangkit dari emosi yang menekan.
- Memotivasi Diri Sendiri. Dalam mencapai Prestasi harus dilalui dengan memiliki motivasi dalam diri sendiri, ini berarti perlunya memiliki ketekunan untuk menahan diri terhadap kepuasan dan mampu mengendalikan dorongan hati.
- Mengenali Emosi Orang Lain. Kemampuan mengenali emosi orang lain disebut juga dengan empati. Menurut Goalman, kemampuan seseorang untuk mengenali dan peduli pada orang lain merupakan indikasi dari kemampuan berempati. Individu dengan kemampuan berempati dapat lebih memahami isyarat sosial tersembunyi yang menunjukkan apa yang dibutuhkan orang lain, lebih berempati terhadap perspektif orang lain, dan lebih sensitif terhadap emosi mereka, dan Anda dapat mendengarkan orang lain dengan lebih baik.
- Membina Hubungan. Kemampuan untuk membina hubungan adalah keterampilan yang mendukung popularitas, kepemimpinan, dan kesuksesan. Keterampilan berkomunikasi merupakan keterampilan dasar untuk membangun hubungan yang baik.
Menurut Goleman (dalam Ifham, 2002) terdapat dua faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional, yaitu:
- Faktor internal
Faktor internal merupakan faktor yang timbul dari dalam diri individu yang dipengaruhi oleh keadaan otak emosional seseorang. Otak emosional dipengaruhi oleh amygdala, neokorteks, sistem limbik, lobus prrefrontal dan hal-hal yang berada pada otak emosional.
- Faktor eksternal
Faktor eksternal, merupakan faktor yang datang dari luar individu dan mempengaruhi atau mengubah sikap pengaruh luar yang bersifat individu dapat secara perorangan, secara kelompok, antara individu dipengaruhi kelompok atau sebaliknya, juga dapat bersifat tidak langsung yaitu melalui perantara misalnya media massa baik cetak maupun elektronik serta informasi yang canggih lewat jasa satelit.
Dari uraian diatas dapat kita simpulkan pentingnya kecerdasan emosional guru dalam mengelola suasana belajar dikelas. Dengan suasana belajar yang mendukung, peserta didik akan lebih mudah untuk menerima materi yang diajarkan dikelas.
Artikel Webinar Gratis : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru pertama kali tampil pada WartaGuru.ID.
Semoga artikel informasi di atas mengenai Webinar Gratis : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru bermanfaat dan menambah pengetahuan serta ilmu kita semua.
EmoticonEmoticon